Pengertian dan Jenis Sandwich Panel Beton Ringan

0
120
views
sumber: google.co.id

Supaya pekerjaan konstruksi lebih mudah dan efisien kini diterapkan sandwich panel beton. Biasanya bahan pembuatan dinding memakai bahan dari bata ringan, batu bata, dan masih banyak lagi. Melainkan kini bisa memakai bahan sandwich panel beton yang ringan dan lebih ekonomis.
Pengertian dan Ragam Sandwich Panel Beton
Panel sandwich beton yakni variasi panel yang mempunyai tiga lapisan, dengan tingkat material yang tebal dan tingkat kepadatan tinggi. Sama halnya dengan variasi junkfood sandwich, pada sandwich panel ini juga terdapat 2 lapisan. Yang meliputi lapisan inti dan lapisan penutup atau lapisan kulit.
Beberapa media yang diterapkan dalam membikin panel sandwich beton ini di antaranya yakni:
• Truss/Corrugated Core Sandwich
• Foam Core
• Situs Core Sandwich
• Honeycomb Sandwich
Bahan pembuatan kulit panel untuk beton ringan dibuat dari galvanis atau dari pelat zincalume. Caranya yakni dengan menempelkan kedua sisi lapisan pada insulasinya. Maka tak jarang disebut dengan sandwich panel beton murah.
Ragam-variasi insulasi yang terdapat pada panel sandwich beton ringan di antaranya yakni:
• Expanded Polystyrene
Keunggulannya yakni tahan panas dan benar-benar ringan dengan ukuran pasarannya antara 40 hingga 200 mm.
• Glasswool Panel
Karakteristiknya yakni tahan api dan saat terbakar tak akan mengeluarkan gas yang beracun. Tingkat ketebalannya antara 50 hingga 150 mm.
• Polyurethane
Keunggulan dari bahan ini yakni mempunyai termal dengan konduktivitas yang rendah. Dan benar-benar bagus dalam menghemat daya serta bisa mencegah kondensasi. Ukuran ketebalannya yakni antara 50 hingga 150 mm.
Kelebihan dari panel beton ringan
Sebelum melihat-lihat katalog sandwich panel beton, sebaiknya pahami dahulu apa saja kelebihan dan keunggulan dari panel beton berikut:

  1. Pengerjaan Pemasangannya Gampang dan Cepat
    Secara umum dalam pembuatan atap/dinding akan menghabiskan waktu yang cukup lama. Dan diperlukan pekerja atau daya yang tak sedikit. Melainkan berbeda dengan pemasangan memakai panel beton hal yang demikian. Pengerjaannya lebih cepat dan lebih mudah.
  2. Siap Dipasang Tanpa Ada Finishing
    Cara pemasangannya tak sama dengan metode pasang dinding yang memakai batu bata atau memakai bata ringan. Cara pasang panel beton ini tak perlu finishing sehingga proses pembuatannya jauh lebih praktis.
  3. Meredam Suara dan Panas dengan Baik
    Dengan memakai lapisan Expanded Polystyrene ini, panel beton hal yang demikian bisa meredam bunyi dan juga panas dengan bagus.
  4. Bahannya Jauh Lebih Ringan
    Tingkat ketebalan bahannya hanya sekitar 75 mm saja. Bebannya bahkan jauh lebih ringan seandainya dibandingkan dengan panel modular yang lainnya. Khusus untuk panel pre-cast modular yang bahannya dibuat dari beton. Bebannya yang ringan ini, membikin panel beton hal yang demikian mudah dilepas dan dipasang untuk bangunan konstruksi.
    Untuk itu gunakanlah sandwich panel beton ringan untuk konstruksi bangunan di rumah Anda, atau bangunan lainnya.

Sumber: sanwaprefab.co.id