Keunggulan dan Cara Pasang Sandwich Panel Dinding

0
193
views
sumber: google.co.id

Ada beberapa variasi sandwich panel dinding yang sekarang banyak digunakan di bangunan-bangunan modern. Salah satunya merupakan sandwich EPS yang merupakan sandwich panel yang dihasilkan dari bahan dasar busa polystyrene atau EPS. Ada banyak keunggulan pada sandwich panel tersebut sehingga banyak orang yang mengaplikasikannya.
Keunggulan dan Sistem Pasang pada Sandwich Panel Dinding
Dinding sandwich panel telah menjadi material alternatif terbaik, sebagai pengganti pada dinding. Tahan di mana umumnya pengaplikasian dinding ini akan menggunakan batako, bata merah, atau bata ringan. Keunggulan dinding sandwich panel ini seandainya dibandingi dengan bahan material dinding konvensional merupakan sebagai berikut:

  1. Mempunyai kepada api.
  2. Lebih tahan air.
  3. Tahan peredam suara yang baik.
  4. Anti tikus dan anti rayap.
  5. Mempunyai gempa.
  6. Tahan isolasi temperatur yang baik.
  7. Proses digunakan dalam hal dekorasi seumpama bisa dipaku, dipasang skrup di seluruh spot, dan bisa dibor.
  8. Non asbestos, kuat, dan juga ringan.
  9. Bahan yang digunakan tak membahayakan sehingga lebih ramah lingkungan.
  10. Tak pemasangannya lebih cepat sehingga bisa lebih menghemat kekuatan, waktu, dan tarif.
  11. Sistem perlu ada cara kerja finishing seperti menggunakan aci atau plester.

Sistem Pemasangan Dinding Sandwich Panel Dengan Sistem
Sistem pemasangan sandwich panel dinding memiliki metode dan metode yang biasa digunakan. Tahan biasa digunakan pada pemasangan panel dinding. Tahan juga bisa dimodifikasi sesuai dengan bentuk serta desain bangunan atau keperluan dari konsumen. Berikut ini metode pasang pada dinding sandwich panel:

  1. Dinding yang akan dipasangi jendela, pintu, atau komponen yang terbuka lainnya bisa disesuaikan dengan metode memotong sandwich panel dengan menggunakan gerinda potong.
  2. Kemudian memasang bottom plate dengan menggunakan paku 5 inchi yang ukurannya 1 m dengan ukuran C-Channel 60 di atas sloof.
  3. Lalu terapkan pada perekat yang ada di bawah dinding yang nantinya akan dipasangkan di atas sloof tersebut.
  4. Terapkan juga perekat di setiap sisi sandwich panelnya, yang nantinya akan disambung. Agar angkur yang terdapat di komponen bawah dinding seandainya telah dipastikan dinding telah berdiri dengan tegak.
  5. Sandwich panel dinding berkwalitas tersebut akan dipasang dengan menggunakan pola zig zag. seandainya ukuran tinggi pada temboknya sekitar 300 cm, karenanya pakailah panel yang ukurannya 240 cm + 60 cm.
    Pemasangan paku dihasilkan bentuk diagonal yang ada di setiap sambungan dinding pada panel tersebut.
  6. Gerinda yang ada di sambungan panel digunakan untuk memasang air dan listrik. Ini cuma seandainya dibutuhkan saja.
  7. itu pasangkah top plate seandainya seluruh komponen panel telah dipasang.
  8. Tambahkan lagi fiber plate berukuran 50 mm. Tujuannya untuk menguatkan lapisan serta sambungan dengan compund. akhirnya juga lebih optimal dan sesuai harapan.

Pilih variasi sandwich panel dinding yang kualitasnya baik, kemudian lakukan metode pemasangan yang ideal sesuai arahan yang telah dijelaskan di atas.

Sumber: sanwaprefab.co.id