Mengenal 6 Manfaat Membuat Buku Pelaut

0
309
views
sumber: google.co.id

Buku pelaut yakni buku seharusnya yang seharusnya dimiliki oleh tiap-tiap pelaut. Dimana buku ini akan menjadi pengakuan bahwa seseorang itu benar-benar seorang pelaut. Manfaat membuat buku pelaut yang paling utama yakni sebagai jejak atau catatan prestasi dan pencapaian seorang pelaut dalam seumur kariernya. Inilah 6 manfaat lain dari buku pelaut ini.
Manfaat Membuat Buku Pelaut

  1. Sebagai Identitas Diri Pelaut
    Umumnya buku pelaut ini berisi informasi penting mengenai pelaut yang menjadi pemiliknya. Berita tersebut umumnya meliputi nama, tinggi badan, berat badan, bahkan foto pemiliknya. Sehingga saat seorang pelaut memiliki buku ini maka dia akan dengan gampang dikenal dan juga menghindari adanya pemalsuan identitas. Pantas dengan syarat membuat buku pelaut yakni seharusnya memiliki data yang lengkap dan dapat digambarkan kebenarannya.
    Metode pembuatan buku pelaut ini sekiranya sangat gampang dan dapat dilaksanakan secara online tanpa menyita banyak waktu. Pembayarannya bahkan cukup dengan transfer dengan harga Rp. 200.000,- sampai dengan Rp. 300.000,-. Untuk melaksanakan perpanjangan masa buku dapat dilaksanakan di seluruh perhubungan pelabuhan yang ada.
  2. Sebagai Tempat Mencatat Capaian Pelaut
    Capaian yang dimaksudkan berisi tentang berapa lama masa layar dari seorang jenis jabatan dan nama kapal serta beratnya. Fungsi buku pelaut ini akan mempermudah mencari data seorang pelaut menurut riwayat perjalanan kariernya dan juga bukti atas seluruh pencapaiannya.
  3. Sebagai Tempat Catatan Kesehatan
    Pantas dengan syarat utama menjadi pelaut yakni sehat jasmaniah dan rohani sehingga buku ini dapat menjadi bukti penyakit dan cedera apa saja yang dialami oleh seorang pelaut untuk senantiasa memantau kesehatannya dalam berlayar. Tempat ini demi keselamatan para pelaut dalam berlayar di laut bebas yang penuh dengan risiko.
  4. Tempat Penulisan Prestasi
    Ketrampilan seorang pelaut yakni sebuah prestasi yang diapresiasi menjadi sebuah ijazah atau akta. Legal seorang pelaut menerima ketrampilan baru maka hal tersebut akan tercatat pada buku pelautnya. Prestasi-prestasi ini akan mempermudah dalam kenaikan jabatan dan perpanjangan masa layar.
  5. Catatan Pengalaman
    Seorang pelaut pasti seharusnya memiliki pengalaman dalam berlayar. Tempat inilah yang akan diabadikan dalam sebuah buku pelaut. Dimana di sana akan tercatat berapa panjang pelayaran yang pernah dilaluinya. Tempat ini juga akan mempermudah pelaut dalam membuat atau memperpanjang masa layarnya.
  6. Dokumen
    Buku ini yakni identitas legal dari seorang pelaut dimana yang membuatnya yakni petugas yang berwenang dan bukan orang sembarangan dapat menerima atau membuatkan buku ini. Sehingga buku pelaut ini dianggap sebagai dokumen legal dan akan mempersulit karier pelaut sekiranya hilang atau rusak.
    Itulah 6 manfaat membuat buku pelaut yang dapat dikenal. Mengingat pentingnya keberadaan buku ini maka seluruh pelaut diwajibkan untuk memilikinya.

Sumber: jobpelaut.com