Berbagai Macam Tugas Pelaut Berdasarkan Pangkat dan Posisinya

0
37
views
sumber: google.co.id

Banyak yang berbangga dan bercita-cita untuk menjadi seorang pelaut meskipun mereka tidak tahu tugas pelaut yang sesungguhnya. Selain keren menjadi pelaut ternyata memerlukan dedikasi yang tinggi dari hidupnya untuk laut. Profesi ini mempunyai wewenang dan tugas yang lumayan berat untuk dibebankan. Hanya sesuai untuk orang-orang yang siap dengan segala tantangan.
Bermacam-macam Variasi Tugas Pelaut Berdasarkan Pangkat dan Posisinya

  1. Kelasi
    Tugas pertama yang perlu dipahami dalam hal ini yaitu menjadi kelasi. Tugasnya sendiri yaitu menjadi pendamping atau pembantu bosun dalam tugas harian kapalnya. Kelasi ini mempunyai jam sesuai hari dan dinasnya. Adapun kesibukan yang perlu dilaksanakan yaitu menjaga dan merawat kebersihan dari deck.
    Menjadi pelaut tidak senantiasa mendapatkan tugas yang keren. Pembagian tugas ini cukup rata untuk memberikan keseimbangan tugas dari masing-masing pelaut. Mereka mempunyai kewajiban untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dari kapal terkait.
  2. Juru mudi
    Tugas kedua dalam tugas pelaut terbaru ini yaitu sebagai juru mudi. Pelaut mempunyai tugas untuk juru mudi sebuah kapal yang penting. Mereka mesti menolong bosun dalam performa hariannya. Mereka bisa memegang kapal bergantian dengan tugas lainnya sesuai jadwal yang telah disepakati.
    Tugas ini telah dihasilkan oleh dinas untuk memberikan keseimbangan tugas dari masing-masing pelaut. Mereka mesti tunduk dan siap kepada tugas apa saja yang dibebankan tentunya.
  3. Bosun
    Tugas ketiga yang menjadi wewenang pelaut yaitu menjadi seorang bosun atau pengawas. Perlu dipahami dalam hal ini pelaut juga menjadi pengawas untuk tugas harian pelaut lainnya. Mengawasi sebagian hal terkait ketepatan jadwal, perawatan dan juga kebersihan dari kapal. Tugas ini juga termasuk keputusan dari dinas mengenai wewenang dan batas jamnya.
  4. Mualim III
    Tugas selanjutnya dalam lowker pelaut yaitu sebagai Mualim III. Tugas dari pelaut ini yaitu untuk bertanggung jawab dalam hal dokumentasi dan pemberkasan. Sifatnya administratif dan memandang sebagian hal terkait keselamatan kapal.
  5. Mualim II
    Tugas pelaut dalam hal ini yaitu sebagai navigator terkait kapal yang ditumpangi. Mereka bertugas untuk membaca peta dan menjabarkannya. Mereka juga mempunyai wewenang dalam hal kelengkapan kapal, dan obat-obatan yang dibutuhkan. Tugas ini memutuskan lancar tidaknya perjalanan kapal sesuai tanggung jawab masing-masing.
  6. Mualim I
    Tugas selanjutnya yaitu sebagai Mualim I. Dalam hal ini pelaut mempunyai tugas untuk kepala kerja di deck terkait. Mereka bisa bongkar muat kapal sesuai standar yang diatur. Tugas dinasnya menyesuaikan dengan tata tertib yang telah dihasilkan sebelumnya.
    Dengan mengenal tugas pelaut maka Anda bisa mendapatkan sedikit gambaran performa nantinya. Tugas ini bersifat dalam tim dan mempunyai terperincinya masing-masing jadi tidak bisa memilih sesuai kemauan. Anda mesti tunduk dengan hal-hal yang telah menjadi kebijakan terkait dikala melakukan profesi ini sebab sangat berdampak kepada performa tim terkait.

Sumber: jobpelaut.com