Berbagai Koleksi Wisata Museum Sumpah Pemuda Penuh Histori

0
64
views
sumber: google.co.id

Sumpah pemuda merupakan sebuah sejarah khususnya dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sebagai sistem mengenang jasa para pejuang, karenanya dibuatlah sebuah liburan museum Sumpah Pemuda. Di dalam museum ini juga tersimpan bermacam-macam koleksi berkaitan peristiwa-peristiwa dikala sumpah pemuda.
Bermacam koleksi liburan Museum Sumpah Pemuda
Berikut merupakan koleksi-koleksi bersejarah yang ada di museum sumpah pemuda.

  1. Biola W.R. Supratman
    Salah satu koleksi menarik yang ada di museum ini merupakan biola dari W.R. Supratman. Dengan ukuran 4/4, panjang 36 cm, serta lebar badan 20 cm dan 11 cm. Biola ini mempunyai tepian dengan tebal 4,1 cm dan tebal bagian tengah mencapai 6 cm.
  2. Bendera INPO
    Indonesische Nationale Padvinderij (INPO) dulunya merupakan sebuah organisasi nasional Indonesia. Ialah gabungan dari dua organisasi kepanduan merupakan NPO dan JPO. Organisasi INPO ini mempunyai bendera dengan ukuran 84 cm × 120 cm berwarna merah dan putih.
  3. Patung Panitia Kongres
    Dikala kongres dikerjakan pada tanggal 27 hingga 27 Oktober 1927 di Weltevreden. Panitia kongres sumpah pemuda membuat susunan seperti berikut:
    • Ketua : Soegondo Djojopoespito
    • Wakil ketua : R.M. Djoko Marsaid
    • Sekretaris : Muhammad Yamin
    • Bendahara : Amir Sjarifuddin
    • Asisten I : Djohan Mohammad Tjaja
    • Asisten II : R. Katja Soengkana
    • Asisten III : R. C. L. Senduk
    • Asisten IV : Johannes Leimena
    • Asisten V : Rochjani Soe\\\\\\\\\\\\\\\\’oed
    Dengan susunan hal yang demikian patung-patung ini diletakkan di museum sebagai obyek liburan museum sumpah pemuda. Hadirnya patung ini diharapkan agar masyarakat selalu mengingat susunan panitia sumpah pemuda pada dikala itu.
  4. Monumen Persatuan Pemuda
    Diresmikan lantas oleh Hayono Isman selaku Menteri Negara Pemuda dan Olahraga pada tanggal 24 Oktober 1994. Monumen ini mempunyai bentuk seperti yang terkepal. Menariknya, arti dari simbol monumen hal yang demikian merupakan sebuah simbol kekuatan yang didasari dengan kesatuan dan persatuan para pemuda Indonesia.
  5. Patung W.R. Supratman
    Lahir dari keluarga militer, nama ayah W.R. Supratman merupakan Senen Kartodikromo. Dulunya beliau merupakan seorang bintara KNIL. W.R. Supratman lahir pada tanggal 19 Maret 1903 di desa Somongari, tepatnya di kecamatan Kaligesing, kabupaten Purworejo.
    Pada tahun 1909 W.R. Supratman memulai masa sekolahnya dengan masuk ke sekolah Budi Utomo. Sayangnya pendidikan hal yang demikian tidak bisa dipecahkan karena beliau pindah ke Makassar, tepat sesudah ibunya meninggal.
    Akan namun W.R. Supratman meneruskan sekolah dengan masuk ke sekolah angka dua. Sesudah dua tahun kemudian beliau lulus dan kembali mencapai pendidikan di Normaal School. Berkat inilah beliau mempunyai pergaulan yang cukup luas di kalangan buah hati gampang dikala itu.
    Kemudian hatinya mulai tergerak dan terciptalah sebuah lagu Indonesia Raya. Tak ada yang tahu pasti kapan lagu ini dihasilkan. Akan namun lagu ini mulai dikenal dikala W.R. Supratman membagikan konsep lagu ke para peserta kongres sumpah pemuda dikala itu.
    Bahkan hingga dikala ini lagu Indonesia Raya masih mengumandangkan dengan iringan biola sebagai lagu kebangsaan Indonesia. Itulah sebabnya patung W.R. Supratman masuk ke dalam liburan museum Sumpah Pemuda Jakarta.
    Sebetulnya masih ada banyak lagi koleksi-koleksi yang ada di dalam museum ini. Bila Anda penasaran, lantas saja datangi wisata museum sumpah pemuda. Dengan seperti itu Anda akan menerima banyak sekali pelajaran sejarah Indonesia.