Tips Memperbaiki Pemanas Air Tenaga Solar Sendiri di Rumah

0
18
views
sumber: google.co.id

Mengkoreksi pemanas air daya surya memang mempunyai perbedaan masing-masing sebab tergantung dari macam pemanas yang diaplikasikan. Tapi, pada sebagian macam situasi sulit terbilang cukup sederhana untuk dikoreksi, salah satunya merupakan bocor. Itulah sebabnya Anda harus mengenal kiat-kiat mengoreksi pemanas di rumah sebagai langkah permulaan bila pemanas tiba-tiba tak berfungsi normal.
Kiat Mengkoreksi Pemanas Air Daya Solar Sendiri di Rumah

  1. Periksa Pemanas Air
    Sekiranya pemanas tiba-tiba bocor, lantas periksa semua komponen pemanas dan dapatkan akar permasalahannya. Pada pemanas, ada banyak sekali cabang pipa, lebih-lebih lagi di komponen dalamnya. Itulah sebabnya Anda harus teliti dan hati-hati ketika memeriksanya.
    Kecuali itu, pipa-pipa komponen dalam juga amat rawan bocor maupun lepas segel. Jadi Anda tak perlu cemas dan lantas ambil langkah berikutnya untuk mengoreksi solar water heater di rumah.
  2. Matikan Aliran Air
    Sebelum mengoreksi, sebaiknya matikan dahulu seluruh aliran air yang ada pada pemanas air supaya cara pemanas kering. Sesudah kering, lantas ambil pemanas dari daerah dudukannya.
    Jangan lupa untuk melepas satu per satu pula yang ada di tiap-tiap sisi pemanas. Nantinya air yang tersisa akan mengalir keluar ketika Anda melepas pipa hal yang demikian.
    Kecuali pipa, lepaskan juga komponen pslexiglas supaya bisa mengakses pipa komponen dalam. Pastikan apabila pipa benar-benar kering supaya Anda dapat membenarkannya.
  3. Mengkoreksi Pipa
    Sekiranya macam pipa yang diaplikasikan merupakan bahan logam atau tembaga, karenanya sistem membenarkannya sangatlah gampang. Anda cuma tinggal menampal dengan perekat khusus atau memulaskan sealant di komponen yang bocor. Tapi, bila komponen yang bocor telah cukup parah karenanya Anda harus memotong dan merubah pipa dengan yang baru.
    Meski pula macam PVC amat gampang bocor di komponen siku sebab terjadi korosi. Untuk itu Anda perlu memotong komponen pipa yang bocor lalu menyegelnya dengan metode menyambungkan dengan pipa baru.
    Revisi lain dapat saja diperlukan, seumpama pengelasan di komponen pipa yang mau disambung. Tapi, sistem ini terbilang kurang ampuh sebab kebocoran dapat saja terjadi lagi sebab adanya korosi baru yang terjalin.
  4. Mengecat Pipa
    Sesudah dikoreksi, Anda harus mengecat pipa pemanas air daya sang surya supaya warnanya sama. Tujuannya supaya komponen yang rusak tak terlalu nampak. Sesudah mengecat pipa, pastikan catnya telah kering. Barulah letakkan dan pasangkan kembali pipa ke daerah asalnya.
    Hubungkan lagi ke sumber air dan cek dengan metode membuka aliran air pemanas. Sekiranya tak ada lagi kebocoran, itu artinya pemanas telah sukses dikoreksi. Dengan demikian itu Anda dapat menerapkan pemanas air secara normal kembali.
    Itulah tadi sebagian kiat mengoreksi pemanas air daya solar. Meskipun mengoreksi pemanas air merupakan tugas jasa servis khusus, tidak ada salahnya untuk mengoreksi sendiri. Secara lagi apabila kerusakan yang terjadi cukuplah gampang untuk dituntaskan.

Sumber: intisolarsurabaya.com