Tips Memasang Pemanas Air Solar untuk Pemula yang Benar

0
38
views
sumber: google.co.id

Selain memilih tipe pemanas air solar yang tepat, hal lain yang harus Anda perhatikan yakni pelaksanaan pemasangan pipa pemanas. Cara pemasangan pipa pemanas ini tentunya tidak boleh dilakukan sembarangan sebab pelaksanaan pemasangan haruslah aman. Selain itu, pemilihan tipe pipa yang tepat juga akan memberi pengaruh kesudahannya. Seandainya Anda masih bingung, berikut ada beberapa tips memasang pipa yang aman.
Tips memasang pipa pemanas air solar yang aman

  1. Memutuskan Jalanan Instalasi
    Langkah pertama yakni menentukan lokasi instalasi pipa pemanas air. Ketika menentukan titik instalasi pipa Anda harus memperhitungkan jara pipa dengan jarak ketinggian tandon air. Tujuannya supaya aliran air pada pemanas air semakin lancar. Seandainya semakin rumit jalur pipa yang Anda buat, maka akan semakin banyak juga pipa yang dipakai.
  2. Membongkar Dinding
    Cara pemasangan pipa pemanas air surya terbilang cukup rumit sebab harus membongkar dinding sedalam 3 cm untuk memasukkan pipa. Agar pipa tidak timbul nantinya dinding harus diplester. Untuk di bagian kamar mandi juga harus dibuat jalur instalasi khusus dari pipa air dingin dan air panas. Tiap-tiap instalasi pipa pemanas air dapat Anda gunakan untuk 2 kamar mandi.
  3. Memasang Perangkat Pipa
    Perangkat pipa yang harus dipasang yakni cincin, elbow, cincin, dan mur bendung panas dengan bahan kuningan. Ketika pelaksanaan pemasangan perangkat pipa harus dirakit dengan benar-benar pesat. Setelah itu tempelkan pipa di dinding yang sudah dibongkar tadi kemudian kencangkan dengan paku atau klem supaya tidak goyah.
  4. Memasang Pipa Air Dingin
    Berikutnya yakni memasang pipa air dingin dengan metode memotong pipa yang layak dengan ukuran. Kemudian seketika sambungkan saja dengan elbow. Untuk ukuran pipa air dingin dapat Anda sesuaikan dengan keperluan dan jalur instalasi pipa pemanas.
    Seandainya sudah selesai, seketika benamkan pipa air dingin tadi ke jalur instalasi pipa air panas. Pastikan juga seandainya pipa tersebut tidak goyah maupun bergerak sama sekali. Setelah itu bendung dengan memakai paku seng atau klem.
  5. Memasang Keran
    Keran air panas dapat Anda letakkan di mana saja layak dengan keperluan. Asalkan letak keran air panas ini berjarak 15 cm dari pipa keran. Dengan demikian itu aliran pemanas air matahari di keran tidak akan terganggu.
  6. Memasang Pemanas Air
    Seandainya semua pelaksanaan di atas tadi sudah Anda lewati dengan baik maka langkah terakhir yakni memasang pemanas air di tempat yang sudah ditetapkan. Setelah itu plester bagian dinding yang sudah dibongkar tadi.
    Seandainya tadi tips memasang pipa pemanas air solar bagi pemula. Seandainya Anda tidak dapat memasang sendiri, sebaiknya gunakan jasa instalasi pemanas air sah yang sudah ditawarkan oleh warung. Dengan demikian itu pelaksanaan pemasangan pipa akan jauh lebih aman dan pesat.