Cara Membersihkan AC Split yang Benar Agar Awet

0
388
views
sumber: google.co.id

Kontraktor AC ketika ini memang semakin banyak jumlahnya di berbagai area. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan pendingin ruangan juga semakin meningkat tiap-tiap harinya. Cuaca panas membuat keberadaan pendingin ruangan sangatlah penting. terdapat berbagai tipe atau tipe air conditioner atau AC yang bisa dipakai di berbagai ruangan atau bangunan.
Cara membersihkan AC Split
Salah satu tipe pendingin udara yang acap kali dipakai oleh masyarakat rumahan merupakan AC split. Supaya bisa bekerja dengan maksimal, sebaiknya selalu jaga kebersihannya. Hal ini juga banyak diperkenalkan oleh berbagai pihak kontraktor AC sebagai salah satu langkah perawatan. Membersihkan AC split benar-benar mudah dan tak memerlukan teknisi khusus karena bisa dilakukan secara mandiri. Berikut ini merupakan langkah atau sistem membersihkannya:

  1. Matikan sumber listrik
    Langkah pertama dalam pembersihan pendingin ruangan merupakan mematikan AC atau memutus sumber listrik. Langkah ini bisa dilakukan dengan mencabut kabel stop kontak.
  2. Bersihkan bilah ventilasi
    Kemudian bersihkan jikalau-bilah ventilasi dengan vacuum cleaner, lap kering atau kemoceng. Bebaskan komponen ini dari debu sehingga permukaan luarnya menjadi bersih terbebas dari kotoran dan debu.
  3. Lepaskan saringan
    Cara yang selanjutnya merupakan melepaskan komponen saringan. Untuk tahap ini, pastikan Anda mempunyai buku pertanda untuk membuka atau melepas saringan AC dengan benar. Lazimnya distributor AC akan menyertakan buku pertanda untuk mempermudah konsumen. Bagian AC yang bisa dilepas hanyalah komponen saringan saja untuk dibersihkan.
  4. Bersihkan saringan
    Setelah sukses dilepas, bersihkan saringan dengan mesin penyedot debu atau kuas yang bersih. Lazimnya pada komponen saringan ini akan terdapat banyak debu yang melekat. Kian lama diperbolehkan, debu akan semakin tebal dan akhirnya bisa mengganggu performa pendingin ruangan.
  5. Bilas saringan
    Setelah debu dan kotoran dibersihkan, lalu bilaslah saringan di bawah aliran air. Layaknya petunjuka perusahaan kontraktor AC pada ketika pemasangannya bahwa saringan haruslah rutin dibersihkan. Kalau perlu, aplikasikan sabun cuci piring cair agar saringan menjadi bersih maksimal. Barulah bilas sampai saringan bersih dan terbebas dari busa sabun.
  6. Keringkan saringan
    Setelah disabun dan dibilas bersih, langkah terakhir merupakan mengeringkan saringan hal yang demikian di tempat yang teduh. Jangan jemur saringan di bwah terik matahari karena bisa memberi efek buruk. Ketika saringan telah benar-benar kering, barulah dipasang kembali ke AC dan AC malah siap dioperasikan kembali.
    Cara perawatan AC di rumah
    Layak dengan pertanda dari distributor AC Indonesia yang professional, AC memang sepatutnya dijaga kebersihannya. AC yang dekil memang tak serta merta memberikan indikasi bekerja tak normal. Tapi selalu menjaga kebersihan pendingin ruangan akan membuat AC lebih awet dan bendung lama. Pembersihan dilakukan minimal 1 kali dalam sebulan. Terdapat beberapa sistem lain untuk perawatan selain membersihkannya, antara lain:
    • Matikan AC ketika rumah kosong dan baru nyalakan kembali ketika sampai di rumah.
    • Senantiasa periksa dan mempertimbangkan bahwa tak ada kebocoran pada pipa saluran unit dalam dan luar.
    • Mengganti saringan tiap-tiap 3 bulan sekali terlebih bagi yang punya alergi seperti yang direkomendasikan kontraktor AC terpercaya.
    • Ketika pertama menyalakan AC, jangan seketika menyetel suhu yang paling rendah
    Cara membersihkan atau melakukan perawatan simpel seperti yang diterangkan di atas akan diperkenalkan oleh kontraktor AC berkualitas. Dengan seperti itu, AC akan lebih bendung lama dan bekerja maksimal.

Sumber: acwahana.com