Cara Jitu Bersihkan Dispenser Dengan Solar Water Heater

0
123
views
sumber: google.co.id

Memanaskan air dengan menerapkan solar water heater bermanfaat bagi Anda yang memiliki dispenser galon bawah. Dispenser galon bawah ini memudahkan penggunanya dalam memasang galon air minum. Pada biasanya galon air minum diletakkan di atas dispenser dan mengharuskan penggunanya untuk mengangkat galon yang beratnya sekitar 19 L atau seimbang dengan 19 Kg.
Dispenser yang dipakai untuk menampung galon air mineral tentunya harus senantiasa steril dan bersih dari kotoran sebab air mineral merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagian saluran yang menjadi masuknya air mineral yang akan dipakai untuk minum merupakan bagian yang harus dilihat kebersihannya.
Sistem membersihkan dispenser galon bawah dengan solar water heater
Ada 3 bagian penting yang terdapat pada dispenser galon bawah untuk rutin dibersihkan

  1. Bagian Luar
    Bagian luar dispenser merupakan bagian yang terkena udara luar secara seketika. Bila Anda tak menutupi dispenser dengan kain atau yang lazim disebut dispenser cover tentu bagian luar dispenser akan mudah dekil atau berdebu seandainya jarang dibersihkan.
    Bersihkanlah bagian dispenser bagian luar dengan air panas yang diperoleh dari pemanas air energi surya sehingga kotoran atau debu dapat dihilangkan dengan mudah dan bagian luar juga menjadi bersih. Bila bagian sekitar luar dispenser bersih, maka ini akan meminimalisir tersebarnya bakteri atau virus yang dapat masuk ke bagian dalam dispenser.
    Bila bakteri atau virus telah masuk ke dalam bagian dalam dispenser maka ini akan berbahaya siapa bahkan yang meminum air mineral dari dispenser tersebut. Anda dapat memulai membersihkan bagian atas, zona samping, depan belakang, bagian bawah dispenser, juga termasuk bagian tray penampung air.
  2. Bagian Keran dan Katup Dispenser
    Tak tertinggal juga detail kebersihan keran dan katup dispenser. Bagian ini merupakan tempat keluarnya air mineral yang seketika Anda minum. Bila keran dan katupnya dapat dilepas maka sebaiknya Anda membersihkan dengan melepas kedua bagian tersebut supaya kotorannya tak menyebar atau masuk ke dalam saluran pipa.
    Sistem membersihkannya merupakan dengan menerapkan air panas yang diperoleh dari pemanas air energi matahari supaya dapat membunuh bakteri dan bakteri dengan bagus dan mengembalikan pada tingkat sterilisasi yang bagus. Bila ada bagian yang sulit dijangkau, Anda dapat menerapkan sikat untuk menerima kebersihan yang optimal.
  3. Bagian Pipa Penyedot Air
    Sebab dispenser galon bagian bawah menerapkan aliran listrik yang dipakai untuk menyedot air dari galon yang di bawah, maka bagian penting lainnya merupakan pipa penyedot air.
    Ada dua sistem membersihkan pipa penyedot air. Sistem pertama merupakan Anda dapat membersihkan pipa penyedot air ini dengan menerapkan perasan lemon yang dilarutkan dengan air panas dari solar water heater. Lepaskan pipa penyedot air lalu rendam dengan larutan lemon selama 2-3 jam. Atau anda juga dapat menerapkan sabun food grade.
    Sistem kedua merupakan Anda dapat menuangkan larutan lemon ke dalam galon air dispenser. Sesudah didiamkan sebagian dikala, kuras air lemon melewati keran dispenser. Lakukan sebagian kali. Lalu buang larutan lemon dan ganti dengan air panas. Kuras air panas pada galon dengan melewati keran hingga asam lemon telah tak terasa lagi.
    Itulah sebagian langkah yang dapat dilaksanakan untuk membersihkan dispenser galon bawah dengan air panas dari solar water heater.

Sumber: intisolarsurabaya.com