4 Material Yang Sering Digunakan Pada Pemanas Air Tenaga Solar

0
30
views
sumber: google.co.id

Sebelum membeli pemanas air daya solar, sebaiknya Anda amati lebih-lebih dulu material jenis apa yang diterapkan. Karena material pemanas yang tepat mampu menyediakan air hangat berkwalitas. Jadi, pastikan sekiranya Anda mengenal jenis-jenis material pemanas air lebih-lebih dulu agar tidak salah pilih.
4 Material Yang Sering Diterapkan Pada Pemanas Air Daya Solar

  1. Martensitic
    Material martensitic yakni jenis material yang mempunyai kekerasan dan daya stainless yang benar-benar kuat. Malah material martensitic juga sering kali diterapkan pada pembuatan alat grinding dan pisau.
    Martensitic mengandung 10,5 persen hingga 18 persen kromium, nikel 2 persen, dan sisanya karbon dengan jumlah yang cukup besar. Untuk kekurangan jenis material yang satu ini yakni tidak cukup mampu menahan korosi.
    Ada beberapa seri dari material martensitic, yakni seri 403, 414, 410, 420, 416, 431, dan 440. Yang membedakan setiap seri dari material martensitic yakni ketahanan korosinya. Jadi, Anda dapat memilih jenis material yang pantas dengan keperluan pemanas.
  2. Austenitic
    Austenitic yakni material pemanas solar water heater yang mempunyai ketahanan dan daya pada temperatur tinggi maupun rendah. Dibandingkan material lain, austenitic terbilang unggul sebab bendung kepada korosi sebab terbuat dari nikel, nitrogen, dan kromium.
    Ada dua jenis austenitic, yakni mengasyikan SS 200 dan SS 300, sekiranya dibandingi dengan SS 200, SS 300 jauh lebih unggul sebab bendung karat. Tapi sekiranya berharap menerima harga yang murah, karenanya SS 200 pilihan yang tepat.
  3. Ferritic
    Terbuat dari kromium, titanium, alumunium, molibednium, dan sedikit tambahan nikel. Ferritic memang mempunyai ketahanan kepada korosi, hanya saja tidak seunggul austenitic. Tapi sekiranya dibandingi dengan martensitic, karenanya ferritic jauh lebih bagus.
    Keunggulan dari material pemanas yang satu ini yakni harganya relatif murah. Malah ferritic menawarkan beberapa jenis seri, contohnya mengasyikan SS 400, 405, 409, 430, 444, dan 446. Yang membedakan setiap seri tersebut yakni ketahanannya. Jadi, disesuaikan saja dengan keperluan Anda.
  4. Duplex
    Duplex yakni material pemanas air daya sang surya gabungan dari ferritic dan autenitic. Memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan keduanya, duplex mempunyai ketahanan kepada korosi yang seperti autenitic.
    Tapi, sekiranya dibandingi dengan autenitic, duplex jauh lebih unggul sebab mempunyai ketahanan korosi retak tegang. Umumnya material duplex juga diterapkan untuk pembuatan Petrokimia, industri kertas, dan bagian-bagian kapal.
    Material duplex bersifat unik sebab ini yakni gabungan dari kedua material. Malah karakter percipitationnya juga jauh lebih tinggi. Untuk seri yang ditawarkan oleh duplex yakni seri AISI 630 dan AISI 17-4 PH.
    Demikianlah tadi beberapa jenis-jenis material pemanas air daya solar yang harus Anda kenal. Sebelum membeli pemanas air, ada pantasnya cari tahu lebih-lebih dulu. Mulai dari jenis, fungsi, ketahanan, dan jangan lupa untuk membeli pemanas yang pantas dengan keperluan di rumah.

Sumber: intisolar.com