Tips Dalam Mencegah Sengketa Pajak oleh Konsultan Pajak

0
38
views
sumber: google.co.id

Seorang konsultan pajak tentunya semestinya tahu bagaimana caranya mencegah sengketa pajak terjadi. Sengketa pajak merupakan persoalan yang muncul di bidang perpajakan, di antara penanggung pajak atau semestinya pajak dengan pejabat memiliki wewenang. Hal hal yang demikian merupakan imbas dari dikeluarkannya keputusan yang bisa dilakukan pengajuan banding/gugat.
Kiat Dalam Mencegah Sengketa Pajak Oleh Konsultan Pajak

  1. Menjalankan Sosialisasi
    Langkah paling awal dalam melakukan pencegahan dari sengketa pajak merupakan dengan melakukan sosialisasi, antara kedua pihak yang bersengketa. Undang-undang di dalam bidang perpajakan itu bermacam-macam dan antara satu dengan yang lainnya saling berhubungan.
    Undang-undang dan juga UU pajak cenderung berubah dalam waktu kencang, sesuai dengan kondisi dan kondisinya. Sosialisasi yang dilakukan oleh pejabat pada semestinya pajak semestinya dilakukan dengan berkelanjutan dan secara terus menerus.
    Supaya semestinya pajak memperoleh dan memahami isu yang baru untuk meminimalisir kesalahpahaman yang terjadi.
  2. Melibatkan Pihak Ketiga
    Dalam hal ini, pihak yang ketiga merupakan konsultan pajak dengan izin legal. Untuk menanyakan isu tentang sengketa ini Anda bisa mengaplikasikan jasa konsultan pajak online. Anda juga bisa melibatkan konsultan yang telah terpercaya dan berpengalaman.
    Secara dalam hal pelaporan pajak, perhitungan hingga pembayaran pajak yang tentu telah jitu. Jasa konsultan ini juga akan membantu semestinya pajak untuk lebih mengerti dengan bermacam-macam peraturan perundangan di bidang pajak yang sesuai.
    Kecuali itu, konsultan juga bisa melakukan sebuah perencanaan pajak hingga melakukan pendampingan penyelesaian persoalan sengketa pajak. Sengketa pajak ini benar-benar rentan terjadi apalagi dikala pemerintah baru mengeluarkan kebijakan baru di bidang perpajakan.
    Kemungkinan untuk menghilangkan sengketa ini tentu tidak bisa, tetapi masih bisa diminimalisir dengan beberapa metode.
  3. Menjalankan Pelatihan Karyawan Terencana Tidak
    Kemampuan hanya semestinya pajak saja tetapi karyawan yang menangani persoalan pajak juga semestinya dibina dengan berkelanjutan. Lalu apa tugas konsultan pajak di sini? Tentunya untuk membantu karyawan hal yang demikian dalam persoalan pajak yang ada. Sebab SDM dalam menangkap suatu isu bisa memengaruhi kekeliruan yang terjadi.
    Pelatihan ini nantinya akan membuat para petugas pajak mengeluarkan peraturan maupun produk peraturan yang sesuai dengan kondisi. Di antara satu peraturan dengan peraturan lainnya pun tidak tumpang tindih. Perselisihan peraturan yang membingungkan nantinya bisa menimbulkan kemungkinan yang lebih besar muncul.
    Gugatan yang dilakukan dari sengketa pajak pada pengadilan pajak juga dipandang dari peraturan yang ada di perundang-undangan perpajakan. Sengketa pajak lazimnya muncul sebab adanya konflik antara petugas pajak dengan semestinya pajak.
    yang terjadi juga bisa berupa apa saja seumpama ada kekeliruan perhitungan/pembayaran pajak. Ditambah lagi dengan abu-abunya produk peraturan atau peraturan pajak yang ada dikala ini.
    Di sinilah tugas dari konsultan pajak, untuk membantu menangani persoalan yang terjadi di antara semestinya pajak dengan petugas memiliki wewenang.

Sumber: trusvation.com