Langkah Keselamatan Pelaut yang Bisa Dilakukan Saat Bahaya

0
39
views
sumber: google.co.id

Keselamatan pelaut menjadi hal yang amat penting saat bekerja. Metode atau upaya penyelamatan tentunya penting dikenal oleh segala pelaut. Hal ini karena pertolongan dari regu penyelamat atau dari luar tidak bisa datang secara segera.
Oleh maka seorang pelaut harus bisa mengambil langkah untuk penyelamatan diri dengan baik. Berikut yakni sebagian tingkatan yang bisa pelaut lakukan saat terjadi bahaya di atas kapal.
Ini langkah-langkah keselamatan pelaut yang bisa dikerjakan

  1. Hening dan jangan panik
    Pertama yakni seorang pelaut harus konsisten dalam kondisi hening saat terjadi bahaya di atas kapal. Hal ini dikarenakan kepanikan cuma akan membikin pelaut tidak bisa berpikir dan menjalankan penyelamatan dengan baik.
    Ketika dalam kondisi panik, cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam. Panik cuma akan membikin Anda menjalankan perbuatan yang mungkin lebih berbahaya.
  2. Mencari pelampung
    Bahaya yang terjadi dalam kapal ada berbagai jenis. Kalau kapal Anda berisiko untuk tenggelam atau tenggelam maka sesegera mungkin carilah pelampung. Ada berbagai jenis jenis pelampung yang bisa diaplikasikan. Seperti pelampung keras, rakit yang bisa digembungkan atau pelampung penyelamat.
    Beraneka jenis jenis pelampung tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Oleh maka penting mengetahui tiap-tiap jenis alat penyelamat saat Anda berkeinginan menjadi pelaut dari lowker pelaut. Memakai pelampung akan membantu agar Anda bisa lebih lama di air. Kalau memang tidak ada pelampung, carilah benda yang bisa mengapung.
  3. Melompat dari kapal
    Ketika Anda diharuskan untuk melompat ke laut, pastikan Anda konsisten memakai sepatu. Kemudian pastikan juga bahwa tidak ada orang lain yang menjadi tujuan lompatan Anda. Melompat sendiri juga ada posisi yang baik agar Anda bisa konsisten aman dan selamat.
    • Ketika akan melompat, letakkan satu lengan pada perut dan genggam siku lengan satunya.
    • Gunakan tangan yang lainnya untuk menutupi hidung.
    • Lompatlah ke arah yang sejauh mungkin.
    • Ketika jatuh, silangkan kedua kaki dan masuk ke air dengan telapak kaki duluan.
  4. Berenang menjauh dari kapal
    Langkah keselamatan pelaut selanjutnya yakni berenanglah menjadi dari kapal bila ukurannya besar. Kapal dengan ukuran yang besar bisa menyedot dan juga menghisap benda yang tenggelam.
    Jadi saat kian besar ukuran kapal, amat baik bila Anda menyingkir atau menjauhi kapal. Selain itu juga untuk menghindari terkena ledakan puing kapal bila berisiko untuk meledak.
  5. Menghindari hipotermia
    Ketika Anda telah berada di air dalam rentang waktu lama, ancaman lainnya yakni serangan hipotermia. Temperatur air yang dingin akan menurunkan temperatur tubuh Anda juga. Kalau temperatur tubuh telah terlalu rendah maka bisa berisiko pada kematian.
    Keselamatan pelaut untuk menghindari hipotermia yakni dengan saling berpelukan bila kondisinya mengapung di atas air. Kalau memakai rakit maka rapatkan lutut pada dada agar konsisten hangat.

Sumber: jobpelaut.com