Rute dari Jogja ke Prambanan

0
41
views
sumber: google.co.id

Rute dari Jogja ke Prambanan mungkin telah banyak yang tahu mengingat candi Prambanan ini telah tenar di pelbagai lapisan masyarakat. Melainkan tak segala orang telah mengunjungi Candi Prambanan secara seketika. Sehingga bagi yang belum pernah sama sekali ke obyek tamasya ini dan jikalau tiba-tiba berkeinginan datang berkunjung, karenanya perlu mengenal rute perjalanan yang dapat diakses supaya tiba di Candi Prambanan dengan selamat. Rumit Candi Prambanan ini berada di desa Prambanan dan dapat dibilang masuk kedalam dua kabupaten serta dua propinsi merupakan kabupaten Sleman Provinsi D.I Yogyakarta dan Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Untuk jarak Yogyakarta ke Candi Prambanan dapat dibilang 20 kilometer (lebih kurang) meskipun dari kota Surakarta kurang lebih sejauh 40 kilometer.
Rute dari Jogja ke Prambanan
Sistem jalan masuk ke candi prambanan dapat dicapai dengan memakai kendaraan sendiri atau memakai kendaraan biasa. Bagi yang memakai kendaraan pribadi, karenanya langkah yang perlu dilaksanakan yakni menuju jalan raya Yogyakarta-Solo yang memerlukan waktu sekitar 30 atau 45 menit dari Malioboro, ini malahan jikalau tak terjadi kemacetan. Melainkan bagi yang memakai angkutan biasa, berikut ada sebagian opsi rute yang dapat dipilih.

  1. Dari Airport
    Rute dari Jogja ke Prambanan yang pertama diawali dari Airport Adisutjipto Yogyakarta nantinya keluar di pintu utama melewati jalan bawah tanah yang tersedia. Berikutnya naik bis trans jogja yang biayanya sekitar Rp. 3000 dan stop di tempat pemberhentian Prambanan. Lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 150 meter (lebih kurang) menuju pintu masuk Candi Prambanan.
  2. Dari Stasiun Kereta Api
    Rute berikutnya bagi yang berada atau yang berasal dari stasiun kereta api Tugu dan Lempuyangan kemudian naik kereta Prameks yang mengeluarkan tarif sekitar Rp 10.000. Stop di Airport Adisutjipto dan naik transJogja dengan tarif sekitar Rp 3000 dan turun di tempat pemberhentian Prambanan. Lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 150 kilometer ke pintu masuk Candi Prambanan.
  3. Dari Terminal Bus Giwangan
    Kecuali rute di atas, juga dapat memilih rute berikut bagi yang ada di terminal Bus Giwangan. Dari terminal ini kemudian naik kereta Prameks dengan tarif kurang lebih Rp 10.000 lalu turun di Airport Adisutjipto dan naik bis transjogja ke Prambanan, tarif sekitar Rp 3000. Kemudian turun lagi di tempat pemberhentian Prambanan dan lanjutkan dengan jalan kaki sejauh 150 kilometer (kurang lebih) sampai tiba di pintu masuk Candi Prambanan. Dapat juga dengan naik bis kota trek 4 tarif sekitar Rp 3000 dan turun di Jembatan Layang lanjut kembali naik bus Jurusan Yogyakarta-Solo atau minibus jurusan Yogyakarta-Prambanan dan turun di dekat pintu masuk Candi Prambanan.
    Demikianlah rute dari Jogja ke Prambanan yang dapat Anda lalui untuk menuju ke salah satu candi terbesar di tanah air.

Sumber: hariliburnasional.com