Monumen Kapal Selam Surabaya Kebanggaan Pada Masanya

0
14
views
sumber: google.co.id

Pernah menaiki kapal? Apakah kapal yang anda naiki sebuah kapal selam? Ketika kita di Tanya sebuah pertanyaan seputar kapal selam, yang terlintas di benak kita adalah sebuah kapal yang berada di dalam laut yang amat dalam. Namun berbeda untuk kapal selam satu ini, memang amat menarik untuk diperbincangkan. Tepatnya di tempat provinsi Jawa Timur terdapat sebuah monument kapal selam Surabaya yang amat familiar akan kemegahaannya dan kegagahannya. Kapal selam penuh sejarah ini berada di pinggiran Kalimas- Surabaya.
Kapal Selam Surabaya yang Tangguh
Dari kejauhan, monumen kapal selam Surabaya ini tampak seperti kapal yang terdampar di pinggir pantai. Tiap-tiap hari banyak pengunjung yang memadati wilayah sekitar monumen kapal selam untuk sekadar memperhatikan komponen – komponen kapal selam. Liburan sejarah memang cukup murah, cuma dengan membayar Rp.5000,00 saja, anda dapat merasakan gagahnya kapal selam surabaya ini sepuasnya. Kondisi didalam kapal selam cukup memadai, sekitar 63 orang bisa masuk kedalam beserta komandannya.
Di monumen kapal selam Surabaya ini, kapal selam yang dibuat monumen adalah KRI Pasopati 410 yang dulunya dipergunakan oleh TNI. Dari dahulu sampai kini, angkatan laut yakni komponen penting yang siap sedia memperjuangkan NKRI dengan segenap hati. KRI Pasopati yakni variasi SS Type Whiskey Class yang diwujudkan di Rusia tepatnya Vladi Wosotk di tahun 1952. Kapal selam surabaya yang beberapa besar berwarna hijau ini mempunyai panjang76 meter dan lebar 6,30 meter. Kapal ini mempunyai kecepatan maksimum sampai 18,3 Knot diatas permukaan dan 13,5 Knot di bawah permukaan.
Didalam monumen kaapal selam Surabaya kita bisa memperhatikan tuas – tuas dan panel yang diterapkan beberapa perlengkapan navigasi, didalamnya juga terdapat ruang kerja, dapur, kamar kamar kru kapal selam yang berukuran kecil dan mempunyai daerah tidur bersusun, serta ruangan baterai I dan II, mesin diesel dan terminal dan sebagainya. Di dekat kamar komandan terpampang foto – foto komandan dari KRI Pasopati. Komponen paling menarik lainnya merupakan adanya periskop yang diterapkan untuk memata-matai musuh didalam laut. Periskop ini masih dapat berfungsi, melainkan agak sedikit buram di lensanya.
Monumen kapal selam Surabaya ini mempunyai sejarah tugas yang juga cukup mengesankan, KRI Pasopati pernah mempunyai peran besar hokum untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia, salah satu semisal adalah Operasi Trikora yang dengan gagah berani menyerang di garis musuh untuk memberikan serangan atau penindasan secara psikis. Kecuali itu, kapal selam Pasopati yang sudah berpartisipasi semenjak 29 Januari 1962 di Angkatan Laut memiliki tugas untuk menghancurkan garis musuh, penggerebekan secara membisu – membisu dan menjalankan pengawasan disekitar kawasan laut Indonesia.

 

Sumber: hariliburnasional.com