Hari Libur Maret 2019

0
18
views
sumber: google.co.id

Hari libur Maret 2019 cukup dinantikan oleh masyarakat agar bisa beristirahat sebentar dari aktivitas sehari-hari. Wisata memang benar-benar diperlukan agar terhindar dari stress dan kelelahan. Terlalu banyak mengerjakan kesibukan juga memberikan akibat kurang bagus bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Tak heran seandainya masyarakat sudah merencanakan wisata dari jauh-jauh hari.
Daftar Peringatan dan Hari Libur Maret 2019
Bagi yang masih bertanya-tanya ada peringatan dan hari libur apa saja di bulan Maret secara khusus Maret tahun 2019, berikut ini terdapat sebagian rincian peringatan dan hari libur nasional di bulan Maret.

  • Peringatan Serangan Biasa 1 Maret
    Menginjak hari pertama di bulan Maret yaitu pada tanggal 1 yakni peringatan Hari Serangan Biasa 1 Maret. Serangan lazim ini dijalankan ideal pada tanggal 1 Maret 1949 yang dilaksanakan oleh jajaran paling tinggi militer. Kala itu kota Yogyakarta sebagai target penyerangan secara besar-besaran. Tujuan dari serangan ini ialah menampilkan pada dunia bahwa Indonesia mempunyai TNI yang kuat sehingga kapabel memperkokoh posisi Indonesia yang kala itu sedang dalam negosiasi di dalam Dewan keamanan PBB. Untuk senantiasa mengenang kejadian ini, tiap-tiap 1 Maret senantiasa menjadi hari peringatannya walau tidak diciptakan sebagai hari libur 2019 dan tahun-tahun selanjutnya.
  • Hari Raya Nyepi
    Di tahun 2019, hari raya Nyepi jatuh pada bulan Maret tepatnya tanggal 7 Maret 2019. Hari raya Nyepi yang bertepatan di hari Kamis ini ditentukan sebagai hari libur nasional seperti tahun-tahun sebelum dan selanjutnya. Nyepi yakni hari besar atau hari raya bagi para umat Hindu yang menjalankan beraneka perayaan cocok keyakinan dan adat yang dipercayai.
  • Hari Wanita Internasional
    Penghargaan oleh jasa dan peran wanita ketika ini memang benar-benar menjadi perhatian khusus. Untuk menghormati dan menghargai peran serta jasa para wanita di dunia, tiap-tiap tanggal 8 Maret senantiasa diperingati sebagai hari wanita. Meskipun tak diciptakan sebagai libur panjang 2019 atau tahun-tahun selanjutnya, melainkan banyak aktifitas yang dilaksanakan oleh masyarakat untuk peringatan akbar ini.
  • Hari Parfi
    Berikutnya tiap-tiap tanggal 10 Maret di tiap-tiap tahunnya senantiasa diadakan perayaaan peringatan Hari Persatuan Seniman Film Indonesia atau Parfi. Pemilihan tanggal ini cocok permulaan pendirian Parfi yang terjadi pada 10 Maret tahun 1956 silam.
  • Hari Air Sedunia
    Air memang yakni salah satu sumber energi alam yang bisa diperbarui. Tapi kian tua umur dunia, ketersediaan air juga menjadi kian langka. Agar masyarakat dunia menjadi lebih sadar untuk berhemat air supaya kelestarian air bisa terjaga untuk generasi penerus, tiap-tiap tanggal 22 Maret senantiasa diperingati sebagai hari Air Sedunia. Hari Air Sedunia memang tak masuk ke dalam daftar libur kalender 2019 atau tahun berikutnya. Tapi masyarakat dunia benar-benar diinginkan untuk senantiasa menjaga kelestariannya.
    Bagi para umat Hindu, bulan Maret 2019 tentu benar-benar dinantikan. Hal ini dikarenakan di bulan hal yang demikian terdapat perayaan hari raya Nyepi. Hari Raya Nyepi yakni salah satu daftar Hari libur Maret 2019 yang bisa dimanfaatkan.

Sumber: hariliburnasional.com