5 Tempat Wisata Religi di Cirebon yang Sarat Akan Makna

0
20
views
sumber: google.co.id

Daerah liburan religi di Cirebon membikin kita mendapatkan banyak tambahan ilmu dengan menyusurinya secara lantas. Pengalaman tamasya seperti ini tak akan pernah sama menariknya seandainya cuma diselidiki melewati buku. Oleh sebab itu, kalau mempunyai waktu senggang usahakan untuk kadang kala berkunjung ke sana.
5 Daerah liburan religi di Cirebon

  1. Makam Sunan Gunung Jati
    Umat muslim lazimnya mengunjungi zona Makam Sunan Gunung Jati terlebih di musim libur lebaran Idul Fitri untuk berziarah. Padahal demikian, banyak orang yang konsisten mengunjungi daerah hal yang demikian di jeda-jeda kegiatan mereka.
    Menariknya, makam ini berada di zona perbukitan sehingga tak segala orang dapat naik ke atas bukit Gunung Sembung. Pada lazimnya, mereka yang diperbolehkan yaitu komponen dari keluarga keraton dan tetamu kehormatan. Mereka yang berharap menjelang rumit pemakaman sepatutnya menuju Lawang Krapyak merupakan pintu masuk dari 9 pintu yang tersedia.
  2. Mesjid Agung Sang Cipta Rasa
    Salah satu destinasi liburan Cirebon yang juga sesuai dikunjungi umat muslim yaitu rumit mesjid ini. Mesjid ini disebut-ucap sebagai mesjid tertua yang dibangun di tanah Jawa, tepatnya pada 1480.
    Ada sebagian komponen unik dari arsitektur Mesjid Agung Cirebon Sang Cipta Rasa termasuk atap pekarangan yang diciptakan menyerupai rumah Joglo. Kecuali itu, daerah wudhunya malahan diciptakan bernuansa tradisional dengan kendi besar penuh air.
  3. Kelenteng Talang
    Sebelumnya diketahui sebagai Sam Po Toa Lang, daerah liburan ini mempunyai tenaga tarik arsitektur dengan nuansa islami yang kuat. Kelenteng Talang sebetulnya yaitu kelenteng Konghucu di mana kita dapat menemukan filosofi khas Konghucu di dalamnya.
  4. Gua Maria Sawer Rahmat
    Tamasya religi kota Cirebon yang menjadi daerah unggulan dari pemeluk agama Katolik. Daerah ini dilegalkan oleh Kardinal Tomko ideal pada 1990 lalu. Gua besar ini memiliki patung maria raksasa dengan ketinggian menempuh 2 meter. Kecuali dimanfaatkan sebagai daerah liburan religi, pengunjung malahan dapat merasakan estetika sebab wilayah di sekitar gua memang betul-betul menawan.
  5. Taman Sari Gua Sunyaragi
    Menemukan daerah liburan ini tidaklah susah, kita cukup mengunjungi Kelurahan Sunyaragi, Kesambi di Cirebon. Daerah ini banyak dimanfaatkan orang di zaman dulu untuk menemukan ketenangan atau bertapa. Menurut artinya dalam bahasa Sanskerta, Sunyaragi berarti sunyi raga.
    Daerah liburan ini terdiri dari dua bangunan merupakan gua dan pesanggrahan. Di mana dulu, pesanggrahan dimanfaatkan sebagai ruang rias malah daerah tidur. Zona guanya terlihat menyerupai candi dengan lorong-lorong tertentu.
    Jikalau diselidiki dengan bagus, kongkretnya ada banyak sekali daerah liburan religi di Cirebon. keseluruhan daerah hal yang demikian malah populer di kalangan turis mancanegara. Mereka lazimnya suka bangunan arsitektur dan panorama alamnya yang betul-betul menawan. Sebagai pribumi absah, hendaknya kita turut melestarikan dan mengeksplorasi daerah-daerah hal yang demikian.

Sumber: hariliburnasional.com