Pemanas Air Tenaga Surya Untuk Kolam Renang

0
88
views
sumber: google.co.id

Solar water heater telah digunakan pada pelbagai keperluan air panas. Mulai dari air panas untuk mandi hingga kolam renang. Pemanas air tidak hanya bersumber dari kekuatan surya atau sang surya saja. Terdapat tiga sumber enegri untuk pemenas air yaitu kekuatan surya, listrik dan gas. Namun di antara ketiganya, pemanas air kekuatan suryalah yang paling hemat kekuatan dan aman. Hal ini sebab sinar sang surya yaitu sumber kekuatan alam yang bisa diperbarui.
Sistem kerja pemanas air kekuatan surya untuk kolam renang
Dapat berenang dan berendam pada kolam renang dengan air hangat tentu saja akan lebih mengasyikkan, secara khusus berendam pada air hangat juga sungguh-sungguh berkhasiat bagi kesehatan. Air hangat kapabel melancarkan cara sirkulasi dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar.
Baru-baru ini telah banyak yang mengaplikasikan cara kerja pemanas air kekuatan sang surya pada kolam renang. Penerapan pemanas dengan kekuatan surya diukur lebih hemat sebab tidak perlu membayar tagihan listrik dan juga tidak perlu isi ulang gas. Bahkan kinerja kekuatan surya sebagai sumber kekuatan pemanas juga diukur lebih cepat dibanding kekuatan listrik dan gas. Tidak heran apabila peminat pemanas air kekuatan sang surya bagus untuk kamar mandi maupun kolam renang ketika ini kian meningkat.
Sistem kerja pemanas air solar untuk kolam renang bisa dibilang sungguh-sungguh sederhana. Tidak seribet yang dibayangkan sebab kolam renang memiliki volume yang jauh lebih besar dibanding tampungan air umum. Bahkan ada pula yang meragukan elektabitas air hangat apakah akan bisa bertahan terus ataukah air akan kembali dingin sesudah beberapa ketika sebab akibat volume. Jawabannya yaitu tidak. Kehangatan air akan terus terjaga sebab aliran air hangat akan terjadi terus menerus.
Jadi, cara kerjanya yaitu pertama-tama air bersih akan diambil kemudian dialirkan pada penampang surya. Dimana penampang surya ini telah mengumpulkan sinar sang surya sepanjang hari. Via pipa-pipa kecil degan bahan khusus, air yang telah dihangatkan oleh penampang akan dialirkan kembali ke kolam renang. Aliran air ini terus menerus terjadi ke dalam kolam sehingga kehangatan air akan senantiasa terjaga.
Sistem solar water heater juga dilengkapi dengan cara filtrasi otomatis. Hal ini tentu bisa membuat penggunanya menjadi lebih nyaman sebab kebersihan kolam terjaga. Sistem ini juga mengaplikasikan sensor pengatur temperatur. Sensor ini akan bekerja untuk membatasi gerakan air serta meningkatkan konversi dari sang surya menuju ke air. Jikalau air telah mencapai temperatur yang cukup, maka kekuatan panas yang disalurkan sementara, diwariskan atau malah dihentikan layak keamanan.
Sesungguhnya kerja pemanas air kekuatan surya untuk kolam renang yang digunakan hampirlah sama dengan yang digunakan pada kamar mandi umum. Perbedaannya hanya terdapat pada volume air pada kolam renang yang lebih banyak serta perlengkapan cara filtrasi khusus. Sistem ini digunakan untuk menajag kebersihan air kolam dari pelbagai kotoran secara khusus daun.

 

Sumber: intisolar.com