Mengenal Perbandingan Kamera DSLR dan SLR

0
9
views
sumber: google.co.id

Perbandingan kamera DSLR dan SLR acapkali tak nampak. Apalagi untuk orang biasa, kedua variasi kamera tersebut sama saja. Seiring dengan perkembangan di dunia teknologi dikala ini, variasi merk komputerisasi termasuk kamera saling berlaga membikin kamera terbaik, salah satunya variasi DSLR dan SLR. Setiap kamera mempunyai keunggulan masing-masing. Untuk pemula sebaiknya memilih yang mana? Berikut ulasannya.
Perbedaan dan perbandingan kamera DSLR dan SLR
1. Metode pengambilan gambar
Meskipun ini mungkin tak akan terpikirkan oleh pengguna yang masih biasa. Komputerisasi nampak sama saja, tapi sistem pengambilan gambar dua kamera ini berbeda. Lalu lebih bagus SLR atau DSLR? Secara lebih detil, pada kamera SLR (Single Lens Reflex) menggunakan variasi lensa berjalur tunggal. Pada variasi ini, berkas sinar akan masuk ke dua arah, yakni ke bagian Viewfinder dan VocalPlane. Sementara itu pada variasi DSLR (Beberapa Single Lens Reflex) menggunakan mechanical mirror system dan pentaprisma untuk memasukkan gambar menuju ke optical viewfinder.
2. Perbedaan jumlah tombol
Kita telah dapat memperhatikan perbedaan dari penampilan kedua kamera ini. Perbedaan tampilan yang paling nampak berlokasi pada banyaknya tombol. Untuk kamera SLR, jumlah tombol tak seperti itu banyak karena lebih sederhana. Sementara untuk kamera variasi DSLR memilih lebih banyak tombol karena fitur yang dimiliki juga lebih banyak. Cara opsi fitur itu antara lain fitur resolusi, opsi ISO, white balance dan juga preset scenes.
3. Penyimpanan hasil foto
Dengan sistem pengambilan gambar kamera yang berbeda, sistem penyimpanan pun juga berbeda. Perbedaan SLR DSLR, kamera SLR menggunakan film 35 MM atau analog. Sementara untuk model kamera DSLR telah menggunakan variasi penyimpanan dengan slot ingatan. Slot ingatan ini tersedia dalam beberapa ukuran kapasitas tergantung spesifikasi dari kamera DSLR.
4. Cara cetak gambar
Cara pencetakan gambar hasil bidikan untuk kedua variasi kamera ini berbeda. Dengan sistem pengambilan dan penyimpanan yang berbeda tentu saja proses mencetak jadi berbeda. Untuk kamera SLR hanya dapat dicetak di laboratorium cuci cetak foto negatif. Ini karena kamera SLR menggunakan variasi film dalam penyimpanan. Sementara untuk model DSLR dapat dicetak menggunakan mesin cetak komputerisasi karena dile tersimpan secara komputerisasi di slot ingatan.
5. Perbedaan harga
Kali ini menuju ke berita yang paling ditunggu, perbedaan harga SLR dan DSLR. Meskipun mengulas masing-masing perbedaan dari kedua kamera di atas, karenanya dapat disimpulkan bahwa kamera DSLR lebih modern dengan fitur yang lebih banyak. Oleh karena itu, harga DSLR lebih mahal diperbandingkan dengan model SLR.
Komputerisasi nampak sama saja, tapi sistem kerja kedua kamera ini berbeda. Meskipun memperhatikan ulasan di atas mengenai perbandingan kamera DSLR dan SLR, kita dapat memilih variasi kamera yang menurut kita paling praktis dan gampang dari segi pengambilan gambar, penyimpanan dan penyetakan.

 

Sumber: wahanasuperstore.com