Kenali Penyebab Pemanas Air Tenaga Matahari Rusak

0
7
views
sumber: google.co.id

Kerusakan pada solar water heater tidaklah banyak. Hal ini dikarenakan pemanas air kekuatan surya diukur lebih aman dibandingkan pemanas air kekuatan listrik atau gas. Pun perawatan pemanas air kekuatan matahari juga lebih gampang dan ekonomis. Meskipun terdengar gampang dan simpel, namun kerusakan yang terjadi pada pemanas air kekuatan matahari tetap tidak boleh diamati remeh.
Indikasi pemanas air kekuatan surya mengalami kerusakan
Sebelum membahas seputar penyebab solar water heater rusak, kenali terutama dulu sebagian indikasi yang terjadi dikala pemanas air kekuatan surya mengalami kerusakan. Banyak orang yang belum mengenali petunjuk-petunjuk kerusakan pemanas air. Berikut ini yakni daftar indikasi pemanas air kekuatan surya mengalami kerusakan:
• Air tidak bersuhu panas
Indikasi yang pertama yang dapat dinikmati yakni air yang keluar tidaklah panas. Atau suhu air tidak sepanas umumnya.
• Air mengalir di dikala tidak diterapkan
Jikalau air mengalir meski sedang tidak diterapkan juga menjadi salah satu indikasi terjadinya kerusakan pada pemanas air kekuatan surya.
• Air mengandung sengatan listrik
Indikasi selanjutnya yang menampakkan bahwa pemanas air sedang bermasalah yakni air mengandung sengatan listrik. Hal ini cukup berbahaya keselamatan sebab air yakni bahan kondensator atau penghantar listrik.
• Komponen mengeluarkan suara keras
Pemanas air kekuatan surya yang berjalan normal tentunya tidak mengeluarkan suara apa saja. Jikalau salah satu bagian pemanas air mengeluarkan suara, tandanya ada bagian yang tidak beres. Lantas lakukan pengecekan atau memanggil tukang servis.
• Air yang dialirkan sangat kecil
Pedoman-petunjuk terjadinya kerusakan pada pemanas air kekuatan surya yang selanjutnya yakni air yang mengalir sangat kecil dan tidak seperti umumnya.
• Memerlukan pengerjaan yang sangat lama
Indikasi kerusakan yang terakhir yakni untuk mendapat air panas, perlu waktu yang lama. Jauh lebih lama dari sebelumnya.
Penyebab pemanas air kekuatan matahari rusak
Kerusakan pemanas air kekuatan matahari terjadi bukan tanpa penyebab. Terdapat sebagian ragam penyebab pemanas air kekuatan surya rusak, antara lain:
• Penetralisir Ph yang kotor
Kerusakan pemanas air kekuatan matahari dapat dipicu oleh berjenis-jenis hal. Salah satunya yakni keadaan kotor pada penetralisir Ph. Penetralisir ph pada pemanas air kekuatan surya yakni anoda magnesium. Jikalau anoda magnesium habis atau kotor, karenanya akan mengeluarkan cairan asam yang baunya menyengat.
• Terjadi kebocoran pada pipa
Kerusakan serius juga dapat disebabkan oleh terjadinya kebocoran pipa. Untuk dilema ini, hanyalah para teknisi khusus yang dapat mengkoreksi.
• Terjadi tekanan berlebihan
Penyebab terjadinya kerusakan pemanas air yang selanjutnya yakni terjadinya tekanan yang berlebihan. Tekanan berlebihan ini diakibatkan oleh safety valve yang dapat menyumbat aliran air.
• Kadar kapur dalam air tinggi
Penyebab yang rusaknya pemanas air kekuatan surya yang terakhir yakni naiknya kadar kapur yang terkandung dalam air. Kadar kapur yang terlalu tinggi dapat memunculkan kerak dan menyebabkan penyumbatan.
Ternyata terdapat sebagian hal yang dapat menjadi penyebab pemanas air kekuatan matahari rusak. Jikalau salah satu dari indikasi yang digambarkan di atas muncul, jangan ragu untuk mengerjakan pengecekan atau memanggil pakar untuk servis.

 

Sumber: intisolar.com