Jenis Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater)

0
96
views
sumber: google.co.id

Solar water heater nampaknya menjadi opsi pertama untuk sistem pemanas air yang ramah lingkungan, aman, dan hemat. Apalagi di kota-kota besar, sistem seperti ini lebih disukai karena biayanya yang tidak terlalu mahal karena kekuatan surya dapat didapatkan secara gratis. Di pasaran sendiri ada berjenis-jenis jenis jenis dan merk pemanas air dengan kekuatan sang surya/ surya. Melainkan secara lazim terdapat 2 jenis solar water heater sebagai berikut.
2 jenis pemanas air kekuatan surya
1. Pemanas air kekuatan surya aktif
Pemanas ini memanfaatkan kekuatan surya untuk memanaskan air, hanya saja dalam distribusi air panas dan air dingin tetap memakai bantuan kekuatan listrik terpenting pada perangkat kontrol otomatis dan pompanya. Jenis pemanas air kekuatan sang surya ini umumnya lebih dibutuhkan untuk kebutuhan pemasangan pada gedung-gedung besar seperti hotel, rumah sakit, dan apartemen. Ukuran tangkinya juga lebih besar dengan bagian pendukung yang lebih rumit. Ketika musim penghujan atau cuaca mendung tidak ada cahaya sang surya, maka pemanas tetap bekerja karena sudah dilengkapi dengan sistem pemanas tambahan yang dibantu dengan listrik maupun gas.
2. Pemanas air kekuatan surya pasif
Sedikit berbeda dengan pemanas air kekuatan surya aktif, jenis solar water heater satu ini juga memakai kekuatan surya tapi mesin tidak membutuhkan bantuan kekuatan lainnya dalam progres pemanasan air seperti listrik atau gas. Artinya pemanas air kekuatan sang surya pasif memakai 100 persen solar. Pemanas semacam ini membutuhkan tabung/ tangki penyimpan air dan panel kolektor yang terhubung dengan dua pipa.
Apa fungsinya? Pada panel konektor tersebut terdapat penutup kaca yang nanti gunanya menangkap cahaya sang surya. Di dalam panel ini masih terdapat rangkaian pipa tembaga sebagai jalanan airnya yang dibalut absorber atau penyerap panas. Tabung air sendiri fungsinya seperti termos yang diterapkan untuk menyimpan air panas supaya bendung lama.
Metode kerja pemanas air ini nanti panel kolektor akan menangkap panas dari cahaya sang surya kemudian dialirkan ke pipa-pipa tembaga yang berisi air. Setelah suhu air di dalamnya meningkat dan jadi panas, maka air panas tersebut akan bergerak dan mengisi tabung air. Air baru yang masih dingin akan bergerak menuju ke pipa-pipa tembaga untuk dipanaskan dan seperti itu progres terus berlanjut. Air akan bergerak sendiri sampai seluruh air yang ada di dalam tabung mencapai suhu panas yang diharapkan. Air akan lantas berhenti mengalir dikala suhu air panas di tabung penyimpanan sama dengan suhu air panas panel kolektor.
Pemasangan panel surya umumnya diletakkan di atap rumah supaya lebih mudah dalam mendapatkan cahaya sang surya lantas yang banyak. jenis pemanas air kekuatan surya yang perlu Anda tahu pantas dengan kebutuhannya.

 

Sumber: intisolar.com