Ingat Ini Sebelum Membeli Pemanas Air Tenaga Surya

0
187
views
sumber: google.co.id

Untuk Anda yang baru saja mencoba menerapkan pemanas air tenaga surya umumnya akan keder bagaimana untuk membelinya. Dalam hal ini adalah dikala memilih macam pemanas air yang pantas untuk dipakai. Untuk itu berikut adalah sebagian hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli pemanas air tenaga solar.

Ingat ini sebelum membeli pemanas air tenaga surya

1.            Jaminan produk

Salah satu hal yang kadang-kadang lupa untuk dilihat adalah lupa untuk menentukan mengenai produk yang dibeli. Pastikan Anda memilih merek pemanas air tenaga solar yang memberikan jaminan pada Anda. Hal ini penting untuk dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tak diharapkan.

Jadi misalnya ada kerusakan dari komponen yang bukan dari Anda, merek tersebut bisa memberikan garansi berupa penggantian komponen tanpa Anda harus mengeluarkan biaya tambahan lagi. Pun umumnya ada sebagian merek yang juga memberikan layanan untuk menjalankan perawatan khusus untuk merek pemanas air mereka.

2.            Mengetahui ruang yang dipakai

Selanjutnya adalah mengenal daerah yang akan dipakai untuk meletakkan solar water heater tersebut. Solar water heater sendiri dipasang di luar rumah adalah di atap. Oleh karena itu pastikan jikalau atap Anda mempunyai cukup daerah dan pastikan juga atap Anda cukup kuat untuk menahan muatan dari pemanas air tenaga surya tersebut. Jika atap Anda sudah cukup memadai maka tak perlu menerapkan tambahan komponen lainnya untuk memasangnya.

3.            Memperhatikan kapasitas tangki yang dipakai

Di pasaran ada beraneka macam macam pemanas air tenaga surya dengan ukuran yang bisa Anda sesuaikan. Untuk memilih ukuran yang tepat tersebut maka Anda harus menentukan berapa jumlah member keluarga yang menerapkan air panas tersebut.

Contohnya jikalau jumlah member keluarga yang menerapkan air panas sekitar 1 hingga 2 orang saja, maka Anda bisa menerapkan pemanas dengan ukuran tangki 15 liter. Padahal jikalau ada 3 hingga 4 orang yang menerapkan air panas, tangki dengan ukuran 30 liter bisa Anda pakai.

4.            Melaksanakan perawatan

Komponen dari pemanas air tenaga sang surya juga harus dibersihkan atau dilakukan perawatan secara rutin. Tujuannya supaya pemanas air tenaga sang surya Anda bisa tetap berprofesi untuk bentang waktu yang lama. Setidaknya sekitar 6 bulan sekali Anda harus menjalankan perawatan secara rutin. Paling tak maksimal setahun sekali Anda bisa membersihkannya.

5.            Mengetahui bagaimana metode mengaplikasikannya

Salah satu yang penting juga adalah mengenal bagaimana metode untuk mengoperasikan pemanas air tenaga surya tersebut. Lazimnya tiap-tiap produk pembelian akan menyertakan kertas atau buku manual yang bisa Anda pakai untuk mengenal bagaimana metode untuk mengaplikasikannya. Jadi Anda juga tak akan keder untuk mengoperasikannya.

 tulisan mengenai sebagian hal yang perlu dilihat sebelum membeli pemanas air tenaga surya.

Sumber: intisolarbandung.com