Cara Merawat Element Heater dan Anoda Magnesium

0
42
views
sumber: google.co.id

Metode merawat element heater dan anoda magnesium perlu dikenal agar mesin pemanas dapat berkerja secara normal dan maksimal. Element heater dan anoda magnesium adalah dua dari bermacam-macam ragam komponen yang tergolong sebagai komponen utama. Kedua komponen tersebut perludijaga aau dirawat dengan sebaiknya sebab adalah kunci dari performa pemanas air energi solar menjadi maksimal. Perawatan dilaksanakan agar element heater terhindar dari korosif dan anoda magnesium tak tergerus habis.
Metode Merawat Element Heater dan Anoda Magnesium
Pemeliharaan pemanas air energi sang surya dapat dilaksanakan sendiri di rumah dan tak memakan banyak biaya. Setelah inilah yang menjadi profit pengaplikasian pemanas air energi sang surya kecuali dapat hemat energi jika dibandingkan pemanas air energi listrik dan gas. Di dalam pemanas air energi surya terdapat sebagian komponen. Dua di antaranya adalah element heater dan anoda magnesium. Berikut ini sebagian cara untuk merawat element heater dan anoda magnesium.
1. Putuskan sambungan atau arus listrik
Langkah pertama yang seharusnya dilaksanakan adalah memastikan sanbungan arus listri. Setelah ini dilaksanakan untuk menghindari kecelakaan atau keadaan sulit kerja di tengah cara kerja perawatan. Pemutusan arus listrik ilakukan dengan mencabut atau mematikan MCB serta ELCB.
2. Melepas segala kabel
Setelah mematikan MCB sehingga pemanas air energi sang surya terbebas dari arus listrik, cabut atau lepaskan segala kabel dari thermostat. Barulah sesudah itu lepaslah baut elektrik heater.
3. Bila pemeriksaan pada element heater dan anoda magnesium
Setelah mesin pemasan terbebas dari aurs listrik dan segala kabel yang sebelumnya merekat di thermostat, langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan pada element jeater dan anoda magnesium. Pastika element heater tak terkorosi atau berkarat serta anoda magnesium tak terkorosi ataupun habis tergerus. Setelah element heater atau anoda magnesium mengalami korosi atau habis tergerus, maka seharusnya dilaksanakan langkah pelepasan sisa komponen tersebut. lalu melakukan penggantian komponen dengan komponen yang baru.
4. Bersihkan element heater atau anoda magnesium
Metode sesudah melakukan pengecekkan pada solar water heater dan ditemukan element heater atau anoda magnesium terkena korosi sedikit, maka jangan segera menggantinya. Lakukan dulu cara kerja pembersihan dan pengerokan. Pembersihan dilaksanakan dengan menerapkan amplas halus untuk menghilangkan korosi kemudian dibersihkan dengan guyuran air. Khusus untuk anoda magnesium, cara kerja pembersihan dari korosi atau karat dapat dilaksanakan dengan sikat kawat yang lebih keras dibanding amplas. Kemudian siram dengan air bersih dampai terbebas dari korosi.
5. Pasangkan kembali element heater dan anoda magnesium
Setelah dibersihkan, barulah pasang kembalu anoda magnesium ke tempat semula di dalam tangki penampungan air.
Metode Mengganti Anoda Magnesium
Bagi yang masih penasaran, berikut ini adalah sebagian langkah untuk mengganti anoda magnesium.
1. Membuka dob karet di komponen samping dengan cara dicongkel hingga dop dapat dikeluarkan.
2. Membersihkan polyurethane yang menutupi anoda dengan mengikis kotoran menerapkan cutter pantas diameter pada lubang dop.
3. Kemudian keluarkan anoda magnesium dengan menerapkan kunci shock 34 mm.
4. Gantlah anoda magnesium dengan yang baru. Jangan lupa sesuaikan ukurannya dengan ukurna tangki.
5. Lalu masukkan anoda magnesium ke dalam lubang menerapkan kunci shock 34 mm kemudian kaitkan baut hingga kencang agar taka da kebocoran.
6. Terakhir, tutuplah lubang magnesium dengan dop hingga rapi dan pastikan air tak dapat masuk ke lubang tersebut.
Demikianlah sebagian penjelasan mendalam mengenai cara merawat element heater dan anoda magnesium yang dapat dengan gampang dilaksanakan. penggantian anoda magnesium seharusnya dilaksanakan dengan penyesuaian ukuran dengan tangki.

 

Sumber: intisolar.com