3 Tips Merawat Alat Pemanas Air Hangat Matahari Dari Para Ahli

0
167
views
sumber: google.co.id

Mempunyai pemanas air hangat matahari tandanya Anda mesti bertanggung jawab untuk merawat dan memerhatikan situasi produknya. Berbeda dari pemanas listrik yang dijual murah, harga pemanas solar jauh lebih mahal malahan menempuh puluhan juta. Rasanya kurang ideal dan boros apabila tidak menjaga pemanas air yang telah dibeli dengan baik dan benar.
Kiat perawatan pemanas air hangat matahari yang benar

  1. Lakukan pengecekan rutin
    Sama seperti menjaga dan merawat badan, produk elektronik dan barang rumah tangga juga mesti Anda rawat dengan baik salah satunya water heater solar. Apabila diizinkan semacam itu saja, produk yang harusnya awet sampai puluhan tahun tidak mustahil dapat rusak dalam hitungan tahun.
    Penting bagi pengguna water heater solar untuk mengerjakan pengecekan secara teratur. Pengecekan yang dilakukan mesti menyeluruh tidak pada permukaan produknya saja, tetapi pada komponen dalam pemanas air.
    Apabila Anda tidak dapat mengerjakan pengecekan secara mandiri, minta jasa servis untuk memeriksa komponen dalam produk. Mulai dari memeriksa kaca kolektor, saluran air, katup, pompa, peredam dan komponen lainnya.
  2. Cegah Korosi dan Scaling
    Unsur lain yang mesti Anda observasi dikala merawat solar water heater yaitu mengerjakan pencegahan agar tidak terwujud korosi atau scaling. Keduanya membikin pemanas air tidak kapabel bekerja secara maksimal, meski apabila berkeinginan menghasilkan air panas mesin mesti berada dalam situasi baik dan terbaik.
    Hindari scaling dengan memakai water softener. Sementara progres korosi yaitu progres natural yang lazim terjadi dikala logam tidak dirawat dengan baik. Untuk menghindari korosi cari berita sebanyak mungkin perihal progres kimiawi tersebut. Atau lakukan perbuatan pencegahan, apabila musim hujan pantasnya mesin pemanas air dipindahkan ke daerah yang adem.
  3. Lakukan Perlindungan Pembekuan
    Kiat perawatan terakhir melindungi usia pemanas air tenaga matahari cukup dengan mencegah terjadinya pembekuan. Walaupun Indonesia beriklim tropis di beberapa kota, temperatur udaranya relatif lebih dingin dan berpotensi tinggi untuk menimbulkan pembekuan.
    Bagian utama yang mudah membeku sebab temperatur yaitu pipa juga kolektor. Agar kedua komponen tersebut terjaga kualitasnya dan temperatur pastikan untuk mengerjakan kiat ini:
    • Pertama-tama, siapkanlah larutan antibeku. Larutan ini akan membantu melarutkan komponen pipa juga kolektor yang membuka natural imbas perubahan cuaca. Sistem kerja larutan antibeku dengan mentransfer panas secara konstan dan terus menerus.
    • Usahakan untuk menjaga permukaan pipa dan kolektor dalam situasi kering sepanjang dikala. Bagaimana caranya? Anda dapat memakai teknik manual atau otomatis, penting bagi pengguna untuk mengenal perubahan temperatur yang menjadi penyebab utama pembekuan pemanas air.
    Itulah hal-hal yang mesti diamati dan lakukan apabila beratensi memiliki pemanas air dalam jangka panjang. Mungkin susah dan merepotkan tetapi kegiatan ini membikin usia pemanas air hangat matahari yang Anda miliki bertahan lama. Anda tentu lebih memilih merawat pemanas air daripada membeli water heater yang baru, bukan?

Sumber: intisolar.com